Senin, 09 Agustus 2010

Software Jahat

Dalam dunia ini, ada juga sebuah software yang mana dibuat untuk melakukan sesuatu yang buruk dan untuk melakukan tindakan kriminal. Jenis software ini disebut malicious software atau malware (malicious = jahat). 

Malicious software dapat dibagi kedalam beberapa kategori:
a. Virus
b. Worm
c. Trojan Horse
d. Logic bomb
e. Time bomb
f. Malicious code, dll
Tapi kategori yang paling utama adalah virus, worm, dan Trojan horse. Semuanya dapat dikenali dengan penggandaannya.

a. Virus
Virus adalah sebuah software yang dapat menggandakan dirinya dengan menginjeksi atau
menginfeksikan kodenya kedalam file lain. Dengan cara itu, virus dapat dibagi kedalam tiga kategori:
a. Overwriting                                                b. Appending                                    c. Prepending

Virus dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman sejak virus adalah benar-benar sebuah program. Siapa saja dapat menulis sebuah program dan menjalankannya. Tapi poin utama dalam pemrograman sebuah virus adalah kode untuk menggandakan diri. Cara lain dalam membuat sebuah virus adalah menggunakan sebuah tool. Ini adalah cara paling sederhana dan termudah dalam membuat sebuah virus. Jenis tool/alat ini disebut virus generator atau virus creator, atau virus kit, atau virus constructor, dll. Kamu bisa mencari too/alat menggunakan Google dengan kata kunci tersebut. Menggunakan virus generator, siapapun tanpa kemampuan pemrograman bisa membuat sebuah virus, sekalipun dia adalah seorang pendatang baru di dunia komputer!

dibagian kiri adalah sebuah gambar mengenai virus generator dengan nama Microsoft Macro Virus Generator.

Dibawah adalah sebuah virus generator dengan nama Walrus Macro Virus Generator. Kamu dapat lihat pada gambar, cara untuk membuat sebuah virus menggunakan sebuah virus generator hanya memilih beberapa pilihan dan klik tombol Generate. Sebuah virus baru telah siap untukmu, sama seperti membuat mi instan.



















b. WORM
Worm juga sejenis malicious software. Dia berbeda dari virus yang mana worm tidak bisa menginfeksi file lain. Sebuah worm adalah sebuah software yang mana menggandakan dirinya dengan membuat salinan tubuhnya. Dan tanpa menginfeksi file lainnya. Worm sebenarnya menyebar melalui suatu jaringan atau internet menggunakan email. Berikut adalah contoh dari worm yang disebut I Love You. Worm I Love You menyebar melalui Internet sebagai sebuah lampiran pada email. Dengan meminta perhatian pada lampiran LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs
Biasanya worm akan melakukan sesuatu trik untuk memperdayai penerima email. Pertama menggunakan double ekstensi. Pada contoh kanan, worm I Love You menggunakan dua ekstensi, yaitu TXT.VBS. trik kedua adalah menggunakan social enginering. Pada contoh diatas, worm menggunakan sebuah nama “I LOVE YOU” dimana menarik para penerima email. Siapa yang tidak membutuhkan love (cinta)? Jadi, akibat dari trik tersebut adalah siapapun penerima email akan meng-klik lampiran tersebut yang mana sesungguhnya adalah sebuah worm.

c. TROJAN HORSE
Trojan horse berasal dari orang-orang yunani kuno. Trojan Horse adalah sebuah prog
ram yang tampak seperti sebuah program yang baik tetapi sesungguhnya berisi kode yang besifat merusak. Trojan horse berbeda dari virus dan worm, trojan horse tidak bisa menggandakan dirinya dan tidak bisa menginfeksi file lainnya. Ada banyak jenis trojan horse.
Berikut diantaranya:
a. Password stealer (pencuri password)
b. Keylogger
c. Fake Program (program palsu)
d. Anonymous emailer (email tanpa nama)
e. Remote monitoring
f. Remote administrator, dll

Berikut beberapa contoh Trojan horse
1. Back Orifice dibuat oleh sebuah kelompok yang disebut CDC
2. Mata-Mata dibuat oleh ÇäkrabiRâwÄ
3. SubSeven dibuat oleh Mobman
4. NetBus dibuat oleh Carl Fredrik Neikter
5. Deep Throat dibuat oleh DarkLIGHT
6. Barok dibuat oleh Onel de Guzman


Diatas  adalah gambar dari Sub Seven.Ini adalah contoh tool keylogger
..
Diatas adalah contoh trojan horse Mata-Mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar