Senin, 09 Agustus 2010

E-mail



Electronic mail (surat elektronik), sering disingkat sebagai e-mail, email, atau eMail, adalah metode dari membuat, mengirim, atau terutama menyimpan komunikasi manusia berdasarkan teks dengan sistem komunikasi digital. Berbeda dengan surat biasa, email jauh lebih cepat (surat biasa terkadang disebut "snail mail" (surat keong) oleh pengguna email).

Email mempunyai persamaan dan perbedaan dengan layanan surat biasa. Pertama, pesan diposkan secara elektronik ke individu-individu tergantung spesifik alamat seperti surat biasa.

Alamat merupakan komputer individu yang bekerja sebagai sebuah server surat. Sebuah server surat seperti sebuah kantor pos lokal, itulah sebuah komputer yang mengirim dan menerima surat elektronik untuk sebuah jaringan yang spesifk.

Ini adalah bagaimana email bekerja











Sebuah pesan email dibuat atas dari beberapa bagian. Yaitu:

Header - Berisi informasi tentang pengirim dan waktu pengiriman pesan. Header selalu berisi sebuah baris subject. Ini adalah bagian yang paling penting dari sebuah pesan dan kamu akan selalu memasukan sebuah subject. Beberapa orang memilih pesannya berdasarkan subject. Jadi tidak sopan jika tidak memasukan sebuah subject! Baris subject menandakan tujuan atau isi pesan. Message body (tubuh pesan), dimana kamu menulis pesanmu. Signature, yang mana mengidentifikasi si pengirim. bagian ini adalah pilihan dan harus tersedia di dalam software emailmu .

Header field

Header pesan biasanya termasuk sedikitnya seperti berikut:

From: Alamat email pengirim

To: Alamat email penerima

Subject: Topik dari sebuah pesan

Date: Tanggal ketika pesan ditulis

Cc:  carbon copy (tembusan)

Bcc: Blind Carbon Copy (Tembusaan buta, maksudnya si penerima pesan tidak tahu kepada siapa saja pesan tersebut dikirim dan hal ini berbeda dengan tembusan biasa yang setiap penerima pesannya akan mengetahui pesan tersebut dikirim ke siapa saja).

Kegunaan email terancam dengan empat fenomena:

a. E-mail bombardment, sebuah e-mail bomb adalah sebuah bentuk penyalahgunaan yang terdiri atas pengiriman pesan dalam jumlah besar ke sebuah alamat email dalam percobaan untuk membanjiri kotak pesan atau server.

b. spamming, Iklan komersil yang tidak diminta atau hasil informasi yang terlalu berat dan banyak, untuk banyak penguna komputer yang menerima email tiap hari.

 c. phishing,  Proses percobaan memperoleh informasi sensitif seperti username, password dan kartu kredit secara detail dengan menyamar sebagai sebuah sesuatu yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elekteronik.

d. E-mail worms,  penggunaan e-mail sebagai sebuah cara dari menggandakan dirinya sendiri kedalam komputer yang mudah diserang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar