Senin, 09 Agustus 2010

Internet

Internet berarti: Internetworked Networks. Internet adalah sebuah koneksi seluruh dunia dari jutaan komputer yang terhubung ke ribuan jaringan yang bebeda. Komputer ini "berkomunikasi" yang berarti, berbagi, pertukaran, dan mengirimkan data ke komputer lain pada jaringan yang sama atau berbeda.

Tidak seorangpun dapat mengontrol internet. Ini adalah sebuah sistem informasi global serupa dalam hal-hal tertentu seperti jaringan telepon yang mengizinkan siapa saja memanggil nomor lain kapan saja dan dimana saja.

a. Layanan Internet
Internet mempunyai beberapa komponen aplikasi. ini termasuk:
1. Telnet - terminal emulation - mengizinkan pengguna di satu komputer untuk log ke sebuah komputer pengendali dan menjalankan software pada komputer yang dikendalikan seolah-olah adalah pengguna lokal komputer

2. FTP – File Transfer Protocol - mengizinkan pengguna untuk meng-upload dan men-download file dari komputer lain

3. EDI – Electronic Data Interchange - mengizinkan untuk pengiriman data elektronik diantara perusahaan-perusahaan melalui internet

4. IRC – Internet Relay Chat - mengizinkan orang-orang terhubung melalui internet untuk berpartisipasi dalam diskusi. Ini mengizinkan orang-orang untuk berbicara secara langsung, orang-orang tersebut mungkin sebenarnya melihat kamu mengetik pertanyaanmu dan menanggapinya.

5. Email– Electronic Mail - mengizinkan orang-orang untuk mengirim dan menerima pesan elekronik.

6. Newsgroup - Ini adalah sama dengan grup bahasan internet atau sebuah berita resmi elektronik. Ada newsgroup untuk setiap topik yang dapat dipercaya dan banyak, dari teknologi pendidikan dan budaya brazil untuk teknik pengumpulan dan tehnik mendaki gunung. Komputer newsgroup mulai dengan comp seperti di comp.app.spreadsheet. Sementara berkenaan dengan newsgroup rekreasi mulai dengan rec seperti di rec.arts.cinema. Yang lainnya alt untuk alternate (mengubah), soc untuk sosial, sci untuk ilmu pengetahuan, dan news untuk berita.

7. World Wide Web adalah yang paling besar, yang pernah berkembang mengumpulkan dokumen onli
ne dan informasi berformat Hypertext Markup Language (HTML) yang disebarkan melalui internet. Ini adalah sebuah software aplikasi yang digunakan di internet.

b. Internet address domain
Tiap komputer di internet disebut sebuah internet host atau sebuah host machine. Tiap host machine mempunyai sebuah internet protocol address (IP address) spesial yang unik untuk mengidentifikasi tiap komputer. IP address tidak pernah dirancang untuk dapat dilihat oleh mata manusia. Dan sebuah address diinterpretasikan oleh sebuah komputer. Sebuah contoh dari sebuah IP address adalah:
205.213.164.10
Sejak angka-angka mudah untuk dikerjakan oleh sebuah komputer tetapi sulit untuk manusia, host machine mempunyai sebuah alamat Domain Name Service (DNS). Sebagai contoh, alamat Domain Name Service dari sebuah IP address adalah: depts.alverno.edu

Top Level Domains (TLD) yang paling umum adalah:
TLD Name Jenis Organisasi
.com Sebuah organisasi komersial
.edu Sebuah situs pendidikan di Amerika
.gov Sebuah agen pemerintah di Amerika
.mil Sebuah situs militer di Amerika
.net Sebuah situs jaringan
.org Sebuah organisasi nonprofit

Nama TLD lain untuk mengenali lokasi sebuah negara seperti:
TLD Name Lokasi negara
.au Australia
.ca Kanada
.dk Denmark
.fr Perancis
.de Jerman
.uk Britania Raya
.hk Hong Kong
.hu Hungaria
.id Indonesia
.ie Irlandia


Baru saja Top-Level Domains ditambahkan termasuk:

TLD Name Jenis organisasi:
.biz Bisnis
.info untuk semua pengguna

TLD yang akan segera ditambahkan termasuk:
TLD Name Jenis organisasi:
.aero Untuk industri pesawat terbang
.coop Untuk Koperasi
.museum Untuk Museum
.name Untuk Individu
.pro Untuk profesional

c. Netiquette
Ada petunjuk-petunjuk bagaimana seseorang harus bersikap di dunia maya. Di internet tanggung jawab ini didefinisikan oleh apa yang disebut netiquette. ada versi netiquette yang berbeda di jaringan, berikut contoh dari netiquette.
10 Perintah Dari penggunaan komputer oleh Computer Ethics Institute di Washington D.C.
1. Thou shalt not use a komputer to harm other people (Kamu tidak boleh menggunakan komputer untuk merugikan orang lain)
2. Thou shalt not interfere with other people's komputer work (Kamu tidak boleh mencampuri pekerjaan komputer orang lain)
3. Thou shalt not snoop around in other people's komputer files (Kamu tidak boleh memata-matai file komputer orang lain)
4. Thou shalt not use a komputer to steal (Kamu tidak boleh menggunakan komputer untuk mencuri)
5. Thou shalt not use a komputer to bear false witness (Kamu tidak boleh menggunakan komputer untuk memberi kesaksian palsu)
6. Thou shalt not copy or use proprietary software for which you have not paid (Kamu tidak boleh menyalin atau menggunakan software hak milik di mana kamu tidak membayar)
7. Thou shalt not use other people's komputer resources without authorization or proper compensation (Kamu tidak boleh menggunakan komputer orang lain tanpa otorisasi atau tebusan besar)
8. Thou shalt not appropriate other people's intellectual output (Kamu tidak boleh mengambil hasil dari intelektual orang lain)
9. Thou shalt think about consequences of the program you are writing or the sistem you are designing (Kamu boleh memikirkan akibat dari program yang sedang kamu tulis atau sistem rancanganmu)
10. Thou shalt always use a komputer in ways that ensure consideration dan respect for your fellow humans. (kamu boleh selalu menggunakan komputer dalam cara-cara yang menjamin kebaikan dan kehormatan untuk temanmu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar