Senin, 09 Agustus 2010

Software dan Bahasa Pemrograman

Sebuah Software dibuat dengan Pemrograman
Sebuah rangkaian komputer yang terdiri dari logam, plastik, dan perangkat lainnya yang mana disebut hardware. Hardware tidak berguna tanpa software. Software sebuah istilah untuk menggambarkan sebuah rangkaian program komputer yang dapat mengerjakan sebuah kumpulan tugas. Software juga sebuah rangkaian dari perintah-perintah komputer untuk melakukan sebuah tugas tertentu.


Software dibuat dengan sebuah proses yang dinamakan pemrograman atau pemrograman komputer. Proses ini bisa juga disebut dengan coding (persandian) dimana sebuah proses dari writing (menulis), testing (pengetesan), debugging (perbaikan kesalahan pemrograman), dan maintain (merawat) source code (kode sumber/pemrograman) dari program komputer. Dalam proses pemrograman, seorang programmer (seseorang yang menulis program komputer) harus menulis semua kode didalam sebuah text editor tanpa kesalahan. Dia harus menulis kode dari baris pertama sampai baris akhir. Semua kode dari baris pertama sampai baris terakhir disebut source code. Ini adalah bentuk sesungguhnya dari perintah-perintah komputer yang mana memberi sebuah perintah komputer apa yang harus dilakukan.
Setelah itu, seorang programmer harus meng-compile (menyusun) source code. Sebuah tool/alat untuk meng-compile adalah sebuah compiler. Proses ini disebut compilation (penyusunan), adalah mengubah sebuah source code kedalam file binary seperti file executable (file eksekusi). Kebanyakan, seorang programmer akan menemukan kesalahan selama kompilasi dan source code tidak bisa diubah kedalam bentuk file binary. Jadi, seorang programmer akan melihat kesalahan dan memperbaikinya. Tindakan ini disebut debugging, yang mana menemukan dan memperbaiki kode yang salah pada setiap source code. Sebuah tool/alat untuk debugging disebut debugger. Kompilasi dan debugging akan diulang dan diulang, lagi dan lagi sampai tidak ada kesalahan pada source code.

Jika kita mengulang proses diatas, maka akan jadi seperti ini:
a. Langkah satu: Menulis kode
b. Langkah dua: Kompilasi
c. Langkah tiga: Debugging
d. Langkah empat: hasilnya adalah file binary

Untuk pertama kalinya dalam pemrograman komputer, text editor, compiler, dan debugger, dipisahkan satu sama lain. Tapi di jaman maju, pemrograman komputer sudah mengunakan tool/alat yang sudah terintegrasi (menyatu). Jadi, seorang programmer akan lebih nyaman dan mudah dalam membuat sebuah program. Dibawah adalah gambar dari Borldan Delphi 7, sebuah tool/alat yang terintegrasi untuk pemrograman.

Sebuah gambar dari source code komputer dalam bahasa Delphi sebuah gambar tentang tool/alat pemrograman terintegrasi
Sebuah gambar dari source code komputer dalam bahasa Delphi









Macam-macam Bahasa Pemrograman
1. Pascal dari Borldan
2. Borldan Delphi dari Borldan
3. BASIC dari Microsoft
4. Microsoft Visual Basic dari Microsoft
5. FoxPro
6. Java dari Sun Microsistem
7. Phyton
8. C / C++
9. PROLOG
10.FORTRAN
11.COBOL
12.Assembler, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar