Kamis, 19 Agustus 2010

Maintenance Komputer

Kamu tidak akan menyadari itu, tetapi komputermu dan mobilmu mempunyai sesuatu yang sama: keduanya membutuhkan perawaratan yang teratur. Kamu tidak perlu memberi oli pada komputermu pemeriksaan spyware.

Di sini ada beberapa tugas dasar pemeliharaan yang dapat kamu lakukan hari ini untuk mulai meningkatkan keamanan komputermu. Yakinlah perawatanmu dapat berjalan dengan baik.

* Sign up untuk software update e-mail notices. Banyak perusahaan software akan mengirimkanmu e-mail sewaktu-waktu ketika sebuah upadate software tersedia. Ini adalah yang paling penting dari sistem operasimu (misalnya, Microsoft Windows atau Macintosh), program antivirusmu, dan firewallmu.

* Daftarkan softwaremu. Jika kamu masih mempunyai form registrasi untuk softwaremu, kirimkan ke mereka (perusahaan software). Dan yakinlah untuk mendaftarkan software baru di masa datang. Ini adalah cara lain untuk pabrikan software untuk memperingatkanmu ketika update baru telah tersedia.

* Install segera update software.

Ketika kamu mendapatkan suatu pesan update, download update dengan segera dan menginstalnya. (Ingat, download dan install adalah dua tugas yang terpisah.)

Sebuah Pencegahan

Beberapa langkah sederhana akan membantu menjaga keselamatan dan kebersihan filemu.

* Step 1: Update softwaremu.

* Step 2: Backup filemu.

* Step 3: Gunakan program antivirus yang terupdate.

* Step 4: Ubah passwordmu.

Pengembangan praktek perawatan

Sejak kamu telah melakukan beberapa pekerjaan landasan, sekarang waktunya untuk mulai pindah ke tugas pemeliharaan yang lebih panjang. Ini adalah semua tugas yang perlu kamu lakukan hari ini (atau sesegera mungkin) untuk dimulai. Tetapi untuk hasil terbaik, buat sebuah jadwal pemeliharaan teratur. Saya merekomendasikan pengaturan di waktu senggang tiap minggu untuk membantu menjamin keamanan komputermu.

* Backup filemu. Mem-Backup filemu yang berarti hanya membuat sebuah salinan file komputermu yang dapat kamu gunakan ketika file aslimu hilang. (Kecelakaan dapat terjadi.) Untuk selebihnya, baca tips saya untuk mem-backup informasi.

* Scan filemu dengan antivirus terbaru. Gunakan antivirusmu secara teratur untuk mencari worm dan virus komputer. Juga, periksa user manual antivirusmu untuk melihat jadwal scan secara otomatis.

* Ubah kata passwordmu. Gunakan password yang sulit ditebak orang lain. Ubah semua kata sandimu secara teratur (saya rekomendasikan setiap bulan) untuk mengurangi resiko. Juga, pilih password secara hati-hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar