Senin, 09 Agustus 2010

Steganography

Apa itu steganography?

Steganography adalah seni dan ilmu dalam menulis pesan tersembunyi dalam sebuah cara dimana tak satu pun terpisah dari pengirim dan maksud penerima bahkan sadar ada pesan sembunyi, sebuah bentuk dari keamanan melalui ketidakjelasan. Sebagai pembanding, kriptografi arti dari pesan yang tidak jelas, tetapi ini tidak menyembunyikan fakta bahwa ada pesan.

Biasanya, sebuah pesan steganography akan tampak seperti hal lain: gambar, artikel, daftar belanja, atau beberapa pesan lainnya. Pesan jelas ini covertext (teks tertutup). Sebagai contoh, sebuah pesan mungkin disembunyikan dengan menggunakan tinta tak kelihatan diantara baris dokumen yang terlihat. Keuntungan steganography melalui kriptografi sendiri adalah bahwa pesan-pesan itu tidak menarik perhatian untuk mereka sendiri, ke messenger,  atau ke penerima. Sebuah kode pesan tidak sembunyi, bukan masalah bagaimana ini tak terpecahkan, akan mengundang kecurigaan dan mungkin dengan sendirinya bersifat menuduh, seperti di negara dimana enkripsi tidak sah. Sering, steganography dan kriptografi digunakan bersama untuk memastikan keamanan pesan tertutup. Seseorang yang ahli di steganography disebut steganalyst.


Sejarah steganography
Kata steganography berasal dari yunani dan berarti "tertutup,  atau menulis tersembunyi". Asal kunonya dapat menyusuri kembali ke tahun 440 sebelum masehi. Herodotus menyebutkan dua contoh steganography dalam sejarah Herodotus. Demaratus mengirim peringatan tentang akan serangan fajar ke yunani dengan menulis ini di panel kayu dan dibalut lilin. Menggunakan lilin bersama-sama kemudian sebagai permukaan tulisan yang bisa dipakai kembali, terkadang digunakan untuk steno.

Contoh lainnya dari Histiaeus, yang mencukur kepala budak yang paling dipercaya dan mentatokan pesan di kepalanya. Setelah rambutnya telah tumbuh lalu pesan tersebut telah tersembunyi. Tujuannya untuk menghasut suatu gerakan guna melawan sebuah pemberontakan Persia.


Beberapa teknik dari Steganography

1. Menulis pesan rahasia menggunakan tinta tak kelihatan.

2. Pesan-pesan sembunyi di  tubuh messenger: juga di yunani kuno. herodotus menceritakan cerita pesan mentato kepala budak, tersembunyi dengan pertumbuhan rambutnya, dan diarahkan dengan mencukur kepalanya lagi. Pesan menurut dugaan orang membawa sebuah peringatan ke yunani tentang rencana penyerbuan persia.
Metode ini mempunyai kekurangan:
a. Adalah mustahil mengirim pesan dapat berjalan dengan cepat, karena ini memakan untuk rambut tumbuh.
b. Budak hanya dapat digunakan sekali untuk tujuan ini. (inilah alasan kenapa budak digunakan. Mereka dianggap dapat dihabiskan).

3. Sebuah gambar dari sebuah pesan di microdot atau mikrofilm.

4. Di era komputer, steganography bisa dilakukan dengan memasukkan sebuah dokumen rahasia ke dokumen lain. Beberapa dokumen dapat digunakan sebagai media, sebagai contoh file teks, file gambar, atau file multimedia seperti mp3 atau file video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar